
Written by Philippe Blache
Sejak akar sejarah kembali pada akhir XIXe di Louisiana (USA), musik jazz telah terus-menerus terkena evolusi yang mendalam dalam gaya dan bentuk. Pada dasarnya disuarakan di debut dengan "rohani" (untuk sisi agama nya) dan dengan munculnya "blues" (untuk sisi profan-nya), musik jazz semakin terlibat dalam alam semesta berkat instrumental untuk kebangkitan dalam 30's. Louis Armstrong, Sydney Bechett memberikan rasa mencapai lebih dari orkestrasi dan rasa untuk solo pribadi yang panjang, sehingga membuka pintu untuk solois besar.
Pada 40's, musik jazz tahu puncaknya popularitas di Amerika Serikat. Sejak periode itu, banyak gerakan muncul, membuat koneksi dengan pengaruh musik baru. Pada awal 40's, selama era "Swing" muncul di "Be-Bop" yang meledak struktur tradisional musik jazz. irama ini ditandai dengan tempo cepat, dengan menggunakan syncopations, mengintegrasikan instrumen-instrumen baru terutama dari asal Afrika (bongos ...). Komponis yang paling terkenal dari "Be-Bop" adalah Thelonious Monk (untuk piano), Dizzie Gillepsie (untuk terompet) dan Charlie Parker (alto saxophone pada). Antara 40-an dan 60-an, seiring dengan Be-Bop muncul Cool Jazz, menumbuhkan gaya santai. perwakilan utamanya adalah Miles Davis (di awal karirnya), Gerry Mulligan dan Stan Getz.
Selama 60 mulai bahasa jazz baru yang telah menyumbang kemudian ke buih tumbuh untuk jazz fusion / rock bentuk bebas ... Dengan pendekatan radikal, gerakan baru ini disebut "free jazz". genre ini diajukan kepada ekspresi ekstrim emosional, pengalaman aktual dalam hiruk-pikuk kebebasan. Para musisi memecah semua struktur tradisional dalam rangka untuk memiliki kecenderungan bebas untuk improvisasi percobaan teknis. Hanya "kolektif" tetap memaksa naik dalam tradisi jazz klasik. Genre ini dicirikan oleh penolakan dari mengalahkan (pulsasi) dan nada suara yang ... menempatkan stres pada eksploitasi yang lebih baik dari register yang ditawarkan oleh instrumen. Dalam musik 50-Charles Mingus 'prefigured kedatangan "free jazz". komposisi Nya menyampaikan "fusi" yang luar biasa dari genre yang berbeda (dari musik klasik, Injil, jazz ...) menyatakan dengan emosi yang kuat. Dengan album klasik "Out untuk Makan siang" dirilis pada tahun 1964, Eric Dolphy menulis musik yang visioner dengan ekspresi kebebasan intens. Berkat Persekutuan Jazz Composer's Association (diciptakan pada tahun 1964) dan beberapa rekaman, Bill Dixon juga akan berpartisipasi pada munculnya genre. Para pemain saksofon tenor Firaun Sanders dicatat pada tahun 1969 album memukau ("Karma") yang memberikan kontribusi untuk memaksakan genre free jazz. Dengan mutlak orisinalitas musiknya menggabungkan improvisasi solo yang panjang untuk menenangkan, urutan mistik. The keyboarder jazz Sun Ra menciptakan alam semesta benar-benar asli sekitar terima kasih "free jazz" untuk pengalamannya di elektronik & "dunia". Musiknya unik, pencampuran latar belakang jazz klasik dengan aneh, atmosfer aneh. "Atlantis" (1967) adalah barang jazz tangguh eksperimental, sebuah "intergalaksi" perjalanan musik.
Pada tahun 1970, pemain terompet Miles Davis menerbitkan sebuah album ganda mewah disebut "Bitches Brew" yang merupakan titik balik dalam sejarah musik jazz: Ini adalah sintesis yang sempurna antara jazz dan rock lama improvisasi potongan. Istilah "jazz rock" lahir. Genre ini dicirikan oleh dekomposisi ekstrim tempo, menyediakan lebih dan lebih canggih, bagian kompleks irama, kecenderungan besar untuk instrumental virtuoso, sebuah pendekatan untuk teknologi baru (dengan peluncuran instrumen elektronik sebagai piano listrik, synth), perkusi bahan dan termodulasi, diperkuat berkat suara efek elektronik. Di antara artis lain yang termasuk dalam kecenderungan jazz modern kita bisa mengutip:
Chick Corea: yang keyboarder jazz terkenal yang membentuk proyek sampingan yang luar biasa "Return to Forever" dengan bantuan gitaris Aldi Meola. Musik memberikan epik yang sempurna, teknis instrumental duet. "Prajurit Romantis" (1976) adalah karya mutlak mereka.
Herbie Hancock: keyboarder jazz legendaris yang diterbitkan funky luar biasa, groovy, "hipnotis" pengalaman synth di album nya "Kepala pemburu" (1973) "Thrust" (1974)
John Mc Laughlin: Setelah beberapa karya dengan Miles Davis, gitaris Inggris berbakat akan membentuk The Mahavishnu Orchestra dengan Billy Cobham pada drum, Jerry Goodman pada biola ... Pada tahun 1972, band ini menerbitkan album yang terbaik dengan "Burung Api": pertemuan puncak di batu jazz. Musiknya sangat teknis dengan suasana hati mengubah pengaturan progresif konstan dan cantik.
Laporan cuaca: a, memikat berirama, jazz formasi batuan yang sangat orkestra didirikan oleh keyboarder Joe Zawinul & Wayne Shorter. "Heavy Weather", "Misterius Traveller" (1974) adalah orang dari masterworks mereka.
Embrio: kraut Jerman 70's / jazz band yang direkam beberapa sesi rock jazz yang dinamis dengan gitar yang menakjubkan, saksofon, duet biola dan halus "etnis" / "psikologi" rasa: "Opal" (1970), "Rache" (1971) " Steig Aus "(1973)," Rocksession "(1973) adalah upaya mereka yang paling direkomendasikan.
Allan Woldsworth: 70 akhir perpaduan jazz gitaris yang diterbitkan kompleks, rumit, dan tidak konvensional improvisasi instrumental cepat. "Kelelahan Metal" (1985) "Atavachron" (1986) adalah orang dari album yang paling sukses.
(...)
Gerakan ini jazz yang berbeda telah sukarela disajikan dalam urutan kronologis. Namun kita harus ingat bahwa gaya yang berbeda berhasil atau idup bersama bersama-sama, beberapa dari mereka mendominasi fungsi lain dalam periode.
0 komentar:
Posting Komentar